Tuesday, November 10, 2015

Perubahan Pada Benda

Faktor Penyebab Perubahan pada Benda
Faktor penyebab perubahan pada benda, meliputi: a) pelapukan, b) perkaratan, c) pembusukan.

Pelapukan
Pelapukan terdiri atas 3 (tiga) jenis, antara lain:  a) pelapukan biologi, b) pelapukan fisika, c) pelapukan kimia.
Pelapukan biologi yaitu pelapukan karena faktor makhluk hidup seperti pohon, lumut, jamur, dan rayap. Contoh tumbuhnya lumut pada bebatuan, kayu yang sudah berlubang karena dimakan rayap, tembok pagar yang ditumbuhi tanaman merambat.
Pelapukan fisika yaitu pelapukan karena faktor alam seperti angin, air dan cahaya matahari. Contohnya batuan pecah menjadi bagian yang lebih kecil seperti pasir dan kerikil akibat tiupan angin kencang, batuan berlubang karena tetesan air, dan batu mengembang karena panas matahari.
Pelapukan kimia yaitu pelapukan karena benda bereaksi dengan zat-zat kimia. Contohnya hujan asam karena zat pencemar yang dapat melapukan benda di ruang terbuka dan membunuh tumbuhan yang terkena cairan.
Upaya mencegah pelapukan adalah dengan cara berikut: a) merendam kayu di dalam air, b) melapisi kayu dengan cat atau bahan antirayap.
Foto: Pelapukan Kayu
http://www.kidnesia.com/var/gramedia/storage/images/kidnesia/tanya-nesi/sains/kayu/3375284-2-ind-ID/Kayu.jpg

Perkaratan
Perkaratan terjadi karena adanya interaksi logam dengan air dan udara. Cara mencegah perkaratan antara lain dengan melapisi logam dengan cat khusus. Contoh paku yang berkarat, kendaraan yang berkarat dan lain sebagainya.
Foto: Paku Berkarat
http://www.manggisan.net/wp-content/uploads/2013/07/tetanus-paku-700px.jpg

Pembusukan
Pembusukan terjadi karena adanya pertumbuhan dan aktivitas jamur atau bakteri. Cara mencegah pembusukan antara lain dengan pendinginan, pemanasan, atau pemberian bahan pengawet pada makanan. Contoh pembusukan adalah pembusukan makanan dan minuman.
Foto: Pembusukan pada Buah-buahan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgHAE6hUZI9gNt8WULpq03xqrx9OYfnCwnZ0zR63iV8vS1ocEHnmcRuxnQHpvhU7cAxIQ2LWFoF0U_XP8CluCMt6O7EwJoAhDyJPaTWeAfaXsfA1oCl_kx_zB37oYfdflu0ZsDcZHkhO7E/s1600/8-9-2014+1-57-28+AM.png
Faktor Penentu dalam Memilih Benda atau Bahan
Penentuan dan pemilihan benda atau bahan didasarkan atas: a) sifat benda atau bahan, b) kegunaan benda atau bahan.
Setiap bahan memiliki sifat tertentu. Sifat logam umumnya berbeda dengan sifat kayu, karet atau plastik.
Logam dan Kayu
Karet dan Plastik


No comments:

Post a Comment

 

www.guraru.org

Guru Berbagi

Blogroll

Usep Saefuddin

Email :Saefuddin.usep1708@gmail.com