Kurikulum merupakan aspek esensial dalam upaya
mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai
tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman
penyelenggaraan kegiatan pembelajaran. Dalam dinamika pendidikan, pengembangan kurikulum
merupakan sebuah keniscayaan sebagai upaya relevan dalam menjawabab tantangan
internal dan eksternal.
Latar belakang pengembangan kurikulum dari waktu ke
waktu tidak terlepas dari relevansinya dalam menghadapai berbagai tantangan,
baik tantangan internal maupun eksternal.
Tantangan internal dipengaruhi oleh tuntutan
pendidikan yang mengacu kepada 8 standar nasional pendidikan. Tantangan
internal dalam konteks pengembangan kurikulum, diperlukannya perubahan atas 4
standar yang berkaitan langsung dengan proses pembelajaran, antara lain: a)
standar isi, b) standar proses, c) standar penilaian dan d) standar kompetensi
lulusan. Tantangan internal lainnya terkait dengan faktor perkembangan penduduk
dilihat dari pertumbuhan penduduk usia produktif.
Adapun tantangan eksternal erat kaitannya dengan
tantangan masa depan, kompetensi masa depan, persepsi masyarakat, perkembangan
pengetahuan dan pedagogi serta fenomena negatif yang mengemuka. Tantangan masa
depan meliputi: a) globalisasi, WTO, AFTA, ASEAN community. Kompetensi masa depan meliputi kemampuan berkomunikasi
dan berpikir kritis. Persepsi masyarakat antara lain kurangnya muatan karakter.
Perkembangan pengetahuan meliputi psikologi dan collaborative learning serta fenomena negatif yaitu adanya
perkelahian pelajar, narkoba dll.
No comments:
Post a Comment