Thursday, October 6, 2016

Essay Diskusi 1.2 KKC Kelas Atas Guru Pembelajar

Diskusi 1.2 Latar Belakang Pengemmbangan dan Pelaksanaan Kurikulum

Kurikulum merupakan aspek esensial dalam upaya mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran. Dalam dinamika pendidikan, pengembangan kurikulum merupakan sebuah keniscayaan sebagai upaya relevan dalam menjawabab tantangan internal dan eksternal.
Latar belakang pengembangan kurikulum dari waktu ke waktu tidak terlepas dari relevansinya dalam menghadapai berbagai tantangan, baik tantangan internal maupun eksternal.
Tantangan internal dipengaruhi oleh tuntutan pendidikan yang mengacu kepada 8 standar nasional pendidikan. Tantangan internal dalam konteks pengembangan kurikulum, diperlukannya perubahan atas 4 standar yang berkaitan langsung dengan proses pembelajaran, antara lain: a) standar isi, b) standar proses, c) standar penilaian dan d) standar kompetensi lulusan. Tantangan internal lainnya terkait dengan faktor perkembangan penduduk dilihat dari pertumbuhan penduduk usia produktif.
Adapun tantangan eksternal erat kaitannya dengan tantangan masa depan, kompetensi masa depan, persepsi masyarakat, perkembangan pengetahuan dan pedagogi serta fenomena negatif yang mengemuka. Tantangan masa depan meliputi: a) globalisasi, WTO, AFTA, ASEAN community. Kompetensi masa depan meliputi kemampuan berkomunikasi dan berpikir kritis. Persepsi masyarakat antara lain kurangnya muatan karakter. Perkembangan pengetahuan meliputi psikologi dan collaborative learning serta fenomena negatif yaitu adanya perkelahian pelajar, narkoba dll.

No comments:

Post a Comment

 

www.guraru.org

Guru Berbagi

Blogroll

Usep Saefuddin

Email :Saefuddin.usep1708@gmail.com