1) Guru, pekerja seni,
petugas kebersihan, merupakan contoh bahan/sumber belajar IPS kelompok ....
a. narasumber
b. lingkungan masyarakat
dan budaya
c. lingkungan sosial
d.
lingkungan alam
2) Materi yang dimulai
dari keluarga, masyarakat petani, masyarakat desa, masyarakat perkotaan, dan
masyarakat lainnya yang lebih luas dan jauh adalah contoh pendekatan ....
a. Expanding Thematical Approach
b. Expanding Environmental
Approach
c. Expanding Community Approach
d.
Expanding Thopical Approach
3) Mempelajari IPS di
Sekolah Dasar merupakan salah satu upaya mengajak peserta didik peka terhadap
masalah di sekitarnya. Berikut contoh perilaku yang bisa dilakukan peserta
didik, kecuali ....
a. tidak membuang sampah
di sungai
b. menanam pohon di
lingkungan rumah
c.
menggunakan air secukupnya
Tidak Ada Jawaban
4) Metode pembelajaran
dengan cara belajar siswa dalam rangka memfasilitasi prestasi akademik siswa
yang beragam, baik dari segi ras, budaya ataupun sosial, merupakan salah satu
perwujudan kompetensi ....
a. pendidikan karakter
b. intelektual
c. sosial
d. multicultural
5) Nilai-nilai
pembelajaran IPS pada materi lingkungan dimaksudkan agar siswa .... ....
a. menjual sumber daya
alam lain untuk kemakmuran masyarakat
b. memanfaatkan sumber
daya alam semaksimal mungkin
c. menggali sumber daya
alam yang belum tersentuh
d. memahami keterbatasan sumber daya
alam dan bijak dalam memanfaatkannya
6) Pada area dan substansi
pembelajaran, alam sebagai tempat dan penyedia potensi sumber daya merupakan
bagian dari ....
a. waktu
b. norma
c. ruang
d.
nilai
7) Pengalaman belajar yang
meningkatkan keterampilan IPS yang berkaitan dengan kebudayaan adalah ....
a. membaca artikel tentang
sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa di
sekitarnya
b. melakukan pengamatan kegiatan masyarakat dan membuat
laporan tentang
sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa
c. melakukan pengamatan
tentang sikap menghargai keanekaragaman suku bangsa
di sekitarnya
d. mendengarkan penjelasan
tentang sikap menghargai keanekaragaman suku
bangsa
di sekitarnya
8) Pengembangan pemahaman
dan sikap positif siswa terhadap nilai, norma dan moral yang berlaku dalam
masyarakat termasuk dalam aspek ....
a. kehidupan individu
b. kehidupan sosial
c. keterampilan
d.
intelektual
9) Salah satu manfaat
mempelajari IPS yang berkaitan dengan lingkungan adalah....
a. menjaga kelestarian sumber daya alam yang terbatas
b. memanfaatkan sumber
daya alam di daerahnya untuk kepentingan tertentu
c. memahami sumber daya
alam tak terbatas di lingkungannya
d. mengambil keuntungan
yang sebesar-besarnya dari kelangkaan sumber daya
alam
10) Tujuan mempelajari IPS
adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami disiplin ilmu sosial,
kemampuan berpikir, kemampuan prosesual dalam mencari informasi dan
mengkomunikasikan hasil temuan. Tujuan tersebut termasuk dalam pengembangan
....
Pilih salah satu jawaban
a. diri siswa sebagai
pribadi
b. kemampuan intelektual siswa
c. diri sebagai makhluk
sosial
d.
kemampuan dan rasa tanggung jawab sebagai anggota masyarakat dan bangsa
No comments:
Post a Comment