Oleh: Usep Saefuddin
Peserta didik seringkali mengalami kesulitan dalam melakukan operasi
hitung matematika. Dibutuhkan berbagai macam cara sebagai upaya
memperkaya khasanah metode pengerjaan operasi hitung matematika,
sehingga peserta didik tidak merasa jenuh dan terbelenggu dengan aturan
baku yang harus mutlak sama dengan gurunya. Salah satu cara selain
perkalian bersusun ke bawah adalah dengan cara metris.
Gambar 1 Peserta Didik Kesulitan Mengerjakan Matematika
Sumber: https://tersediasemuarasa.files.wordpress.com/2011/03/image262.jpg
Cara
metris (horizontal – mendatar) tidak terbatas hanya pada pengerjaan
operasi hitung penjumlahan atau perkalian semata, melainkan pula dapat
digunakan untuk menyelesaikan soal operasi hitung bilangan berpangkat
dua. Tentang asal mula dan aturan penggunaan cara metris pada operasi
hitung perkalian dapat dilihat pada postingan sebelumnya yang berjudul “Mengingat Kembali Perkalian Metris”.
Dalam artikel tersebut dijelaskan tentang penggunaan notasi pagar pada
cara metris, dimana setiap nilai tempat pada kolom pagar sebelah kanan
atau tengah dibatasi hanya dapat ditempati oleh satu digit angka,
sehingga ketika ada dua digit angka yang mengisi kolom tersebut, maka
angka puluhannya digeser ke kolom sebelah kirinya dengan menambahkan
pada bilangan di kolom tersebut. Hanya kolom paling kiri yang boleh
diisi lebih dari satu digit angka.
Saya yakin, penjelasan secara
verbal tentunya masih membingungkan, namun setelah kita mencoba
mempraktekan nanti, akan terasa lebih mudah pengerjaannya. Sebagai upaya
lebih memahami cara metris terutama dalam pengerjaan operasi hitung
bilangan berpangkat dua, mari perhatikan prosedur berikut ini !
Gambar 2 Prosedur Pengerjaan Bilangan Berpangkat 2 dengan Cara Metris
Sumber: Penulis
Artinyaab2 = bilangan pertama dikuadratkan | 2 x bilangan pertama x bilangan kedua | bilangan kedua dikuadratkan
Gambar 3 Contoh Soal Pengerjaan Bilangan Berpangkat 2 dengan Cara Metris
Sumber: Penulis
Mari kita lakukan pada contoh bilangan berpangkat lain, jika memungkinkan skip langkah yang sekiranya sudah dikuasai benar.Contoh Soal:
232 = 22 | 2 x 2 x 3 | 32
= 4 | 12 |9
= 4 + 1 | 2 | 9
= 5 | 2 | 9
Mari kita mencoba melewati langkah yang benar-benar kita kuasai !
352 = 9 | 30 | 25
= 9 | 32 | 5
= 12 | 2 | 5
= 1225
Seiring dengan latihan dan repetisi yang terus-menerus, akan menjadi kebiasaan (habit), sehingga akan mempercepat mengoperasikan bilangan berpangkat dua dengan cara metris melalui mental aritmetika yang kuat.
Contoh :
542 = 25 | 40 | 16
= 2916
732 = 49 | 42 | 9
= 5329
Demikianlah cara kerja metris dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat 2, semoga bermanfaat, selamat mencoba …
Semoga bermanfaat...
ReplyDelete