- Peserta didik diminta untuk menuliskan bilangan ratusan (bilangan 3 digit angka) secara acak dan rahasia.
- Dari bilangan tersebut, peserta didik diminta untuk menjumlahkan bilangan-bilangan yang telah peserta didik tuliskan.
- Bilangan ratusan pada poin 1 dikurangi hasil penjumlahan pada poin 2
4. Peserta didik diminta untuk mencoret salah satu bilangan hasil operasi hitung pengurangan pada poin 3.
Contoh: Bilangan 5 dicoret
5. Peserta didik diminta untuk menyebutkan angka yang tidak dicoret, kemudian pendidik menebak angka yang dicoret.
Contoh dialog:
Pendidik : Angka berapa saja yang tidak dicoret?
Peserta didik : 2 dan 2
Pendidik : Angka yang dicoret adalah 5
6. Rahasia menebak angka yang dicoret
Perhatikan clue berikut ini !
Contoh:
Angka yang tidak dicoret = 2 dan 2 → Jumlahkan 2 + 2 = 4
Angka yang dicoret = 9 – 4 = 5 (ingat kaidah dalam clue)
Contoh berikutnya :
Bagaimana kalau angka yang tidak dicoret = 7 dan 6 → 7 + 6 = 13
Karena 13 lebih dari 9, gunakan kelipatan 9.
Kelipatan 9 = 9, 18, 27, 36 ….
Maka
Angka yang dicoret = 18 – 13 = 5
Contoh lain:
Angka yang tidak dicoret = 7 dan 1 → 7 + 1 = 8
Angka yang dicoret = 9 – 8 = 1
Angka yang tidak dicoret = 8 dan 6 → 8 + 6 = 14
Angka yang dicoret = 18 – 14 = 4
7. Peserta didik menelaah pola pemecahan masalahnya
8. Apabila sudah memahami, peserta didik mempraktekan dengan teman lain di kelasnya.
Selamat mencoba !
Semoga bermanfaat...
ReplyDelete