Oleh: Usep Saefuddin
Permainan angka merupakan salah satu cara menumbuhkan minat dan
motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran terutama pembelajaran
Matematika. Seringkali kita sebagai pendidik terjebak dalam rutinitas
pembelajaran klasikal, formal, tanpa mengabaikan minat dan partisipasi
peserta didik dalam pembelajaran sehingga membuat mereka jenuh dalam
mengikuti proses belajar mengajar. Permainan angka ini dapat digunakan sebagai apersepsi untuk materi pembelajaran tertentu yang berkaitan atau dapat pula berfungsi sebagai pengayaan
dalam memperkuat konsep dan logika operasi hitung tertentu.
Implementasi permainan angka pula merupakan upaya mengembalikan hakikat
pembelajaran matematika yang tidak hanya menitikberatkan terhadap
pembelajaran simbol dan rumus belaka melainkan pula problem solving (pemecahan masalah) dan penalaran logika.
Berikut
ini merupakan permainan angka dengan menebak pilihan angka rahasia
dalam tabel. Dimana seorang peserta didik diminta untuk memilih salah
satu angka yang dirahasiakan pada tabel yang disajikan, kemudian guru
menebaknya, peserta didik mengamati polanya, mendiskusikan untuk
memahami pemecahan masalahnya, jika telah memahami mempraktekan bersama
teman lainnya di kelas. Langkah detai permainan angka menebak pilihan
angka rahasia dalam tabel adalah sebagai berikut.
- Menyajikan tabel angka. Tabel terdiri dari tabel A, B, C, D, E, … (terserah guru menyajikan berapa tabel, selanjutnya bisa dikembangkan sendiri sesuai dengan perkembangan peserta didik). Tabel pada kesempatan ini disajikan lima tabel terdiri atas angka 1 sampai dengan 31. Rinciannya, antara lain:
- Pesera didik diminta untuk memilih salah satu angka yang terdiri atas angka 1 sampai dengan 31 dalam tabel secara rahasia (tidak diungkapkan, dalam hati).
- Guru bertanya kepada peserta didik perihal tabel mana saja yang memuat angka tersebut.
Contoh:
Guru : Pada tabel A, angka tersebut ada tidak?
Peserta didik: Ada
Guru : Pada tabel B, angka tersebut ada tidak?
Peserta didik: Tidak
Guru : Pada tabel C, angka tersebut ada tidak?
Peserta didik: Ada
Guru : Pada tabel D, angka tersebut ada tidak?
Peserta didik: Tidak
Guru : Pada tabel E, angka tersebut ada tidak?
Peserta didik: Ada
- Guru menebak angka yang dirahasiakan tersebut, dengan cara:
Lihat tabel yang memuat ada pada dialog di atas yaitu A, C, E.
Perhatikan angka pertama pada tabel tersebut (lihat tabel di atas)
A = 1
C = 4
E= 16
Angka yang dirahasiakan = 1 + 4 + 16 = 21
Dengan kata lain
Angka yang dirahasiakan = Jumlah angka-angka pertama pada tabel yang memuat ada angka tersebut
- Setelah dilakukan secara bergiliran, buatlah simulasi terbalik, peserta didik sebagai guru dengan menebak angka, dan guru menjadi peserta didik memilih angka pada tabel. Buat mereka memahami pola dan cara memecahkan masalahnya secara terbimbing.
- Setelah peserta didik memahami pola dan cara menebaknya, mereka diminta untuk mempraktekan dengan teman di kelasnya. Lakukan berulang-ulang sebagai penguatan konsep.
- Membuat kesimpulan bersama tentang pembelajaran permainan angka tersebut.
Demikianlah sharing pembelajaran permainan angka dengan menebak pilihan angka yang dirahasiakan dalam tabel.
Selamat mencoba !
Semoga bermanfaat...
ReplyDelete