Thursday, October 6, 2016

Forum Sesi 2 KKC Kelas Atas Guru Pembelajar

Forum Sesi 2 Objek Alam Simetris dan Asimetris
Objek-objek alam selalu menampilkan keteraturan dan ketidakteraturan sebagai karunia Allah SWT. Keteraturan dan ketidakteraturan pola suatu objek membentuk benda-benda yang simetris dan asimetris. Objek simetris adalah bentuk suatu objek yang memiliki pola keteraturan. Objek asimetris (tidak simetris) adalah bentuk suatu objek yang tidak memiliki pola keteraturan.
Dalam konteks matematika, simetris dan asimetris ditunjukkan dalam konsep simetri lipat dan simetri putar. Simetri lipat adalah jumlah lipatan suatu bidang datar (permukaan datar suatu benda) sehingga membentuk lipatan bagian yang sama besar. Untuk mencari simetri lipat dari suatu bangun datar maka dapat dilakukan dengan membuat percobaan dengan membuat potongan kertar yang ukurannya mirip dengan yang akan diuji coba. Lipat-lipat kertas tersebut untuk menjadi dua bagian sama besar. Jika suatu bangun dilipat menjadi dua, sehingga lipatan yang satu dapat menutup bagian yang lain dengan tepat, maka dikatakan bangun tersebut memiliki simetri lipat.
Simetri putar adalah jumlah putaran yang dapat dilakukan terhadap suatu bangun datar di mana hasil putarannya akan membentuk pola yang sama sebelum diputar, namun bukan kembali ke posisi awal. Suatu bangun mempunyai simetri putar jika ada satu titik pusat dan bangun tersebut dapat diputar kurang dari satu putaran penuh sehingga bayangannya tepat pada bangun semula. Percobaan dapat dilakukan mirip dengan percobaan pada simetri lipat namun caranya adalah dengan memutar kertas yang telah dibentuk. Jika suatu bangun datar diputar melalui pusatnya dan dapat tepat menempati tempat semula maka dikatakan bangun tersebut memiliki simetri putar. Banyaknya bangun tersebut menempati tempat semula dalam sekali putaran menunjukkan jumlah simetri putar. Arah perputaran mengikuti arah jarum jam.
Berkaitan dengan objek-objek alam yang simetris dan asimetris. Berikut ini saya tampilkan gambar contoh objek alam yang simetris dan tidak simetris:
Belahan%20buah%20belimbing.jpg
Gambar 1. Permukaan Belahan Belimbing
Permukaan belahan belimbing memiliki bentuk yang identik dengan segilima beraturan. Sehingga berdasarkan hasil percobaan, untuk segilima beraturan memiliki simetri lipat lebih dari satu yaitu 5 simetri lipat.
Bunga%20Melati.jpg
Gambar 2 Permukaan Bunga Melati
Permukaan bunga melati juga memiliki bentuk yang sama dengan segilima beraturan, sehingga memiliki simetri putar lebih dari satu, yakni simetri putar tingkat 5 dengan sudut rotasi terkecil 72 derajat.
Rasi%20bintang%20Kalajengking.jpg
Gambar 3 Rasi Bintang Scorpio
Objek alam rasi bintang scorpio tidak memiliki keteraturan pola, tidak memiliki sumbu simetri, sehingga rasi bintang scorpio merupakan contoh objek alam yang tidak simetris.
Dengan adanya pola keteraturan dan ketidakteraturan pada objek alam, hakikatnya adalah kebesaran Tuhan yang harus kita renungi dan syukuri.

No comments:

Post a Comment

 

www.guraru.org

Guru Berbagi

Blogroll

Usep Saefuddin

Email :Saefuddin.usep1708@gmail.com