Thursday, November 3, 2016

Forum Sesi 1 KKJ Kelas Atas Guru Pembelajar



Forum Sesi 1 KKJ

Studi Kasus
Deskripsi Situasi
Pada saat pembelajaran berlangsung, suasana kelas terasa lesu dan siswa cenderung tidak bergairah mengikuti pelajaran. Siswa tidak berani bertanya maupun mengemukakan pendapat. Mereka lebih banyak mendengarkan penjelasan guru dan mencatat materi yang diajarkan. Pada pertengahan beberapa siswa terlihat mulai bosan bahkan ada siswa yang tidur. Hal ini disebabkan mereka hanya duduk diam mendengarkan penjelasan guru, kemudian mengerjakan soal jika guru memberi tugas. Pada awal pelajaran siswa terlihat kurang siap mengikuti pembahasan materi yang diajarkan. Tugas mempelajari materi terlebih dahulu sebelum diajarkan tidak dilaksanakan oleh siswa. Tidak adanya persiapan awal dari siswa, berdampak pada lambannya siswa memahami materi yang disampaikan. Siswa mengalami kesulitan memahami konsep-konsep yang diberikan. Hal itu diperparah dengan sikap enggan siswa bertanya kepada guru. Siswa cenderung mengikuti pembelajaran pasif. Siswa fokus apa yang disampaikan oleh guru, kesempatan serta aktivitas berpikir untuk mengevaluasi serta mencari kebenaran terhadap informasi yang diperoleh menjadi sangat kurang. Kegiatan berpikir kritis dimana siswa seharusnya peka terhadap informasi yang diperoleh serta mencari bukti terhadap informasi tersebut, belum terlaksana dengan baik.

Jawaban Studi Kasus:
Untuk mendapatkan hasil refleksi yang komprehensif, seluruh komponen pembelajaran perlu dicermati (direfleksikan)kembali, baik perencanaan, pelaksanaan, maupun hasil pembelajaran. Refleksi terhadap perencanaan pembelajaran yang telah disusun penting untuk mengetahui apakah terdapat kekurangtepatan dalam merencanakan pembelajaran, misal: metode pembelajaran yang kurang tepat, rancangan kegiatan pembelajaran yang kurang pas, atau mungkin cara penilaian yang dilakukan kurang mampu memicu antusiatisme siswadalam belajar. Refleksi terhadap kegita komponen tersebut yang secara simultan dilakukan dapat membawa guru pada pemerolehan inoformasi yang lengkap dan bertautan satu sama lain, sehingga hasil refleksi yang dilakukan dapat komprehensif.
Untuk melakukan refleksi terhadap situasi tersebut di atas guru dapat
menggunakan berbagai teknik refleksi, baik mencermati kembali video pembelajaran yang telah dilaksanakan, mencermati catatan harian dan jurnal pembelajaran yang telah dibuat, refleksi lisan, melibatkan guru lain untuk mengobservasi pembelajaran, meupun mengobservasi guru lain mengajar. Walaupun berbagai teknik pembelajaran dapat dilakukan guru untuk merefleksikan situasi pembelajaran tersebut, tidak berarti bahwa semua teknik tersebut harus dilakukan semuanya. Guru dapat memilih teknik mana yang akan dilakukan. Yang penting dicatat disini, refleksi yang dilakukan guru benar-benar dapat membantunya mengidentifikasi faktor-faktor penyebab timbulnya situasi tersebut serta dapat dirumuskan langkah-langkah perbaikannya.

Perbedaan PTK dengan penelitian lainnya
1). PTK berkaitan dengan masalah pembelajaran guru di kelas.
2). PTK memuat prosedur siklus sampai ada peningkatan mutu, bisa 2 atau 3 siklus.
3). PTK bertujuan untuk meningkatkan atau memperbaiki pembelajaran
4). PTK dilakukan secara kolaboratif
5). Fokus penelitian PTK adalah ada tidaknya kemajuan dalam pembelajaran

No comments:

Post a Comment

 

www.guraru.org

Guru Berbagi

Blogroll

Usep Saefuddin

Email :Saefuddin.usep1708@gmail.com