Saturday, November 12, 2016

Forum Sesi 2 KKF Kelas Atas Guru Pembelajar



Forum Sesi 2: Kebijakan Kantong Plastik Berbayar

Kajian Sejarah
Kajian sejarah berkaitan dengan rangkaian waktu dan peristiwa. Kajian ini berhubungan dengan masa lalu, masa kini dan masa depan. Masa lalu merupakan sebuah pelajaran, masa kini merupakan suatu kenyataan dan masa depan merupakan suatu harapan.
Dalam kaitannya dengan tanggal 21 Februari 2016, ini merupakan tonggak sejarah baru dalam bidang lingkungan hidup untuk masyarakat Indonesia yaitu perayaan hari sampah dengan kebijakan pemerintah menerapkan kantong plastik berbayar. Kebijakan pemerintah ini tidak terlepas dari berkembangnya kebijakan plastik berbayar di beberapa negara maju sebagai upaya menekan sampah.

Kajian Ekonomi
Kajian ekonomi merupakan kajian yang erat kaitannya dengan upaya pemenuhan kebutuhan. Meninjau segala peristiwa dari sisi kalkulasi keuangan, keuntungan dan kerugian.
Dalam konteks kebijakan plastic berbayar, menekan konsumsi manusia terhadap kemasan kantong plastic berbayar. Dengan kebijakan ini diharapkan adanya kesadaran ekonomi manusia melalui prinsip ekonomi untuk membelanjakan uangnya secara selektif. Bukan habis untuk sesuatu yang kurang berguna seperti pembelian kantong plastik, sehingga mereka didorong untuk menggunakan kantong yang lebih ekonomis, yang bisa digunakan berulang kali .

Kajian Geografi
Kajian geografi erat kaitannya dengan permukaan bumi dan kependudukan. Dalam kasus kebijakan plastic berbayar tentu saja akan menekan sampah lingkungan sebagai potensi pencemaran tanah. Sehingga kinerja decomposer dalam mengurai sampah yang hanya bersifat organic lebih baik.
Dengan menurunkan tingkat pencemaran tanah, menghindari pula bencana alam seperti banjir dan tanah longsor karena air akan diserap dengan baik oleh tanah. Pemukiman penduduk pun terjaga kelestariannya, tingkat kesehatan meningkat dan menekan pula angka migrasi penduduk karena nyaman dengan lingkungannya.

Kajian Sosiologi
Kajian sosiologi kaitannya dengan hubungan manusia. Dalam konteks kebijakan plastic berbayar menumbuhkan motif sosial untuk mengembangkan budaya 3 R (reuse, reduce, recycle). Reuse dilakukan untuk menggunakan kembali secara berulang kantong plastic/kantong dari bahan lainnya. Reduce dilakukan untuk mengurangi konsumsi kantong plastik dalam kemasan barang belanjaan. Recycle dilakukan untuk menggunakan bahan yang tidak terpakai untuk kegunaan lain.
Kebijakan kantong plastic berbayar juga mendorong manusia untuk berinteraksi sosial di warung-warung sekitar rumah dan pasar tradisional. Karena dalam pelaksanaannya, kebijakan kantong plastic berbayar diterapkan hanya pada beberapa supermarket dan minimarket.

No comments:

Post a Comment

 

www.guraru.org

Guru Berbagi

Blogroll

Usep Saefuddin

Email :Saefuddin.usep1708@gmail.com