Sunday, November 6, 2016

LK 1 Komunikasi Efektif KKF Kelas Atas Guru Pembelajar



Buatlah laporan LK 1 Penerapan Komunikasi Efektif  berdasarkan format di bawah ini!


LK 1 Penerapan Komunikasi Efektif

Laporan Penggunaan Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran


Nama                    : USEP SAEFUDDIN, S.Pd.

Instansi                 : SDN JAYAMULYA III

Alamat Instansi     : DUSUN KERSAJAYA,
                               DESA JAYAMULYA
                               KEC. CIBUAYA,
                               KAB. KARAWANG

Mengajar Kelas    : VI


Isi Laporan (Deskripsi Penggunaan Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran)
Pada hari Kamis, tanggal 3 November 2016 berlangsung pembelajaran di Kelas VI SDN Jayamulya III, mata pelajaran Matematika tentang Statistika. Pembelajaran dimulai pada pukul 07.00, guru menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan menyapa dan memberi salam serta berdoa sebelum memulai pembelajaran. Kegiatan awal dilanjutkan dengan penanaman budi pekerti menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian guru mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya. Transkip pembicaraannya sebagai berikut:
Guru: “Pada pembelajaran sebelumnya kalian sudah belajar mengenai konsep menyajikan data, coba kalian sebutkan diagram apa saja yang dapat digunakan untuk menyajikan data?”
Peserta didik 1: “Diagram batang Pa.”
Guru: “Betul sekali. Coba apa lagi?
Peserta didik 2: “Diagram garis.”
Guru: “Benar. Pada pembelajaran hari ini kita akan melakukan penyajian data secara berkelompok dengan menggunakan diagram-diagram tersebut. Pembelajaran hari ini sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga berguna buat kita bersama.”
Pembelajaran dilanjutkan dengan mendemonstrasikan sesuatu yang berkaitan dengan materi, menyampaikan kemampuan yang akan dicapai peserta didik dan rencana kegiatan seperti kerja kelompok, observasi dan lain-lain.
Kegiatan inti pembelajaran diawali dengan penjelasan tentang materi cara menyajikan data yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan perkembangan IPTEK serta pengetahuan lain yang relevan, berkaitan dengan kehidupan nyata. Peserta didik kemudian diberikan kesempatan untuk bertanya berkaitan dengan materi yang dijelaskan.
Guru: “Setelah bapak menjelaskan tentang langkah-langkah atau cara menyajikan data dengan benar, adakah dari kalian yang belum mengerti atau belum jelas?”
Peserta didik 1: “Pa, saya belum jelas mengenai konsep penyajian data dalam bentuk diagram lingkaran, mengapa harus dikalikan dengan 360 derajat?”
Guru: “Pertanyaan yang bagus, sambil mengacungkan jempol. Adakah dari teman kalian yang dapat menjawab?”
Peserta didik 2: “Saya Pa (sambil mengacungkan tangan).”
Guru: “Apa yang kamu ketahui?”
Peserta didik 2: “Karena jumlah sudut lingkaran itu adalah 360 derajat. Sehingga satu putaran penuh dalam penyajian data adalah 36o derajat”
Guru: “Good Job, tepat sekali”.
Pembelajaran dilanjutkan dengan kerja kelompok menyajikan data tentang tinggi badan siswa, berat badan siswa, ukuran sepatu siswa dan hobbi siswa melalui lembar kerja dan media pembelajaran yang telah disediakan. Setelah kerja kelompok, setiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya secara bergiliran di depan kelas. Kelompok yang lain memberikan tanggapan secara lisan maupun tertulis, sehingga terjadi komunikasi secara verbal dan nonverbal antara guru dan siswa, siswa dan siswa.
Kegiatan akhir merupakan kegiatan menyimpulkan pembelajaran. Guru mengajukan rangkaian pertanyaan terbimbing dalam upaya menstimulus peserta didik untuk dapat menyimpulkan pembelajaran. Setelah adanya persamaan pendapat sesuai dengan kesimpulan yang diharapkan, peserta didik membuat sebuah refleksi tentang pembelajaran hari ini.
Kegiatan dilanjutkan dengan memberikan tes secara tertulis berkaitan dengan materi yang disampaikan. Kemudian guru mengumpulkan hasil lembar kerja siswa sebagai bahan portofolio.
Hasil tes tertulis diperiksa dan guru memberikan umpan balik (feedback) terkait hasil yang telah diperoleh peserta didik. Berikutnya guru memberikan arahan sebagai tindak lanjut berupa penugasan di rumah sebagai pengayaan.
Kegiatan berakhir pada pukul 08.10, guru menutup pembelajaran.

No comments:

Post a Comment

 

www.guraru.org

Guru Berbagi

Blogroll

Usep Saefuddin

Email :Saefuddin.usep1708@gmail.com