Kegiatan 1.3 KKF Studi Kasus Strategi Komunikasi
Anis Malihah, seorang siswi Kelas 4 Sekolah Dasar
Mekasari sedang murung ketika pelajaran berlangsung. Menurut laporan Arie
Yuliana, teman dekatnya, temannya tersebut sudah lebih dari dua minggu sulit
diajak bercanda dan bermain. Diperoleh keterangan juga bahwa, anak itu
terkadang berangkat ke sekolah tanpa dibekali uang saku, sesekali dia mendapat
suguhan jajan dari Pahami tujuan dan indikator pembelajaran Berlatih
mengerjakan soal/latihan Baca dan pahami uraian pembelajaran Penerapan Strategi
Komunikasi yang Efektif dalam Pembelajaran SD temannya. Laporan Pak Mulyana,
wali kelas kelas 3, anak tersebut sering tidak mengerjakan soal dan pekerjaan
rumahnya. Seragam yang dipakainya pun kumal dan lusuh. Endah Puspitasari sering
diolok-olok temannya. Menurut ketua kelas di kelas sebelumnya, anak ini
termasuk anak yang pintar dan cerdas serta periang. Bagaimanakah cara cara atau
strategi komunikasi yang akan Anda gunakan untuk menangani atau membimbing anak
tersebut sehingga dapat kembali pada kondisi sebelumnya ?
Jawaban
Strategi komunikasi yang dapat digunakan pada kasus Anis
Malihah adalah pengabungan dari strategi komunikasi, kondisi psikologi,
perkembangan anak usia 6-12 tahun, teknik komunikasi yang dilakukan, media yang
digunakan dalam proses interaksi, dan lain-lain.
Strategi komunikasi yang dapat digunakan, yaitu: 1) Respect, sikap menghargai peserta didik yang menjadi sasaran,
dalam kasus ini adalah Anis Malihah, 2) Emphaty, menempatkan diri pada situasi
dan kondisi yang dihadapi Anis Malihah, 3) Audible,
saran atau bimbingan yang diberikan dapat didengarkan atau dimengerti dengan
baik, 4) Clarity, kejelasan
dari pesan/saran atau bimbingan itu sendiri sehingga tidak menimbulkan multi interpretasi
atau berbagai penafsiran yang berlainan, 5) Humble,
menghargai Anis Malihah, mau mendengar, tidak sombong dan tidak memandang
rendah. sikap
yang mau melayani, rela memaafkan lemah lembut dan penuh pengendalian diri,
serta mengutamakan kepentingan yang lebih besar.
No comments:
Post a Comment