Sunday, November 6, 2016

Studi Kasus 1.3 KKF Kelas Atas Guru Pembelajar



Kegiatan 1.3 KKF Studi Kasus Strategi Komunikasi
Anis Malihah, seorang siswi Kelas 4 Sekolah Dasar Mekasari sedang murung ketika pelajaran berlangsung. Menurut laporan Arie Yuliana, teman dekatnya, temannya tersebut sudah lebih dari dua minggu sulit diajak bercanda dan bermain. Diperoleh keterangan juga bahwa, anak itu terkadang berangkat ke sekolah tanpa dibekali uang saku, sesekali dia mendapat suguhan jajan dari Pahami tujuan dan indikator pembelajaran Berlatih mengerjakan soal/latihan Baca dan pahami uraian pembelajaran Penerapan Strategi Komunikasi yang Efektif dalam Pembelajaran SD temannya. Laporan Pak Mulyana, wali kelas kelas 3, anak tersebut sering tidak mengerjakan soal dan pekerjaan rumahnya. Seragam yang dipakainya pun kumal dan lusuh. Endah Puspitasari sering diolok-olok temannya. Menurut ketua kelas di kelas sebelumnya, anak ini termasuk anak yang pintar dan cerdas serta periang. Bagaimanakah cara cara atau strategi komunikasi yang akan Anda gunakan untuk menangani atau membimbing anak tersebut sehingga dapat kembali pada kondisi sebelumnya ?
Jawaban
Strategi komunikasi yang dapat digunakan pada kasus Anis Malihah adalah pengabungan dari strategi komunikasi, kondisi psikologi, perkembangan anak usia 6-12 tahun, teknik komunikasi yang dilakukan, media yang digunakan dalam proses interaksi, dan lain-lain.
Strategi komunikasi yang dapat digunakan, yaitu: 1) Respect, sikap menghargai peserta didik yang menjadi sasaran, dalam kasus ini adalah Anis Malihah, 2)  Emphaty, menempatkan diri pada situasi dan kondisi yang dihadapi Anis Malihah, 3) Audible, saran atau bimbingan yang diberikan dapat didengarkan atau dimengerti dengan baik, 4) Clarity, kejelasan dari pesan/saran atau bimbingan itu sendiri sehingga tidak menimbulkan multi interpretasi atau berbagai penafsiran yang berlainan, 5) Humble, menghargai Anis Malihah, mau mendengar, tidak sombong dan tidak memandang rendah. sikap yang mau melayani, rela memaafkan lemah lembut dan penuh pengendalian diri, serta mengutamakan kepentingan yang lebih besar.


No comments:

Post a Comment

 

www.guraru.org

Guru Berbagi

Blogroll

Usep Saefuddin

Email :Saefuddin.usep1708@gmail.com