Tagihan 3 ☛ Mengkaji Proposal
dan Laporan PTK (LK-3)
Sebelum mengerjakan Tagihan 3 ini, pastikan
Saudara telah melakukan semua dalam sesi 3
Sebagai bahan penilaian diri pada Sesi 3
ini, kerjakan dan kirimkan (submit) tugas berikut melalui tautan (link)
yang disediakan di sistem (di ePortofolio ini).
1. Cari sebuah proposal Penelitian Tindakan Kelas
(PTK),
misal dengan mencari menggunakan Google.
misal dengan mencari menggunakan Google.
- Catat tautan (link) sumbernya.
- Lakukan kajian terhadap proposal PTK tersebut.
- Bagaimana menurut pendapat Saudara tentang proposal tersebut.
- Adakah hal-hal yang perlu dikritisi dan perlu diperbaiki pada proposal tersebut.
- Buat laporan kajian proposal PTK tersebut dalam bentuk file MS Word (.doc/.docx) ke sistem (ePortofolio ini).
- Sertakan juga tautan (link) dari sumber proposal PTK yang dikaji tersebut.
2. Cari sebuah laporan Penelitian Tinndakan Kelas
(PTK),
misal dengan mencari menggunakan Google.
misal dengan mencari menggunakan Google.
- Catat tautan (link) sumbernya.
- Lakukan kajian terhadap laporan PTK tersebut.
- Bagaimana menurut pendapat Saudara tentang laporan tersebut.
- Adakah hal-hal yang perlu dikritisi dan perlu diperbaiki pada laporan tersebut.
- Buat laporan kajian proposal PTK tersebut dalam bentuk file MS Word (.doc/.docx) ke sistem (ePortofolio ini).
- Sertakan juga tautan (link) dari sumber proposal PTK yang dikaji tersebut
- Saudara dipersilakan untuk mengunggah Tagihan 4 (LK-4) ini
Jawaban LK
LAPORAN
KAJIAN PROPOSAL PTK
Judul
Proposal PTK :
Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Keaktifan dan
Hasil Belajar IPS Pada Siswa SD Kelas V
Isi
Proposal
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
penerapan metode diskusi dan penggunaan media belum tampak diterapkan secara
optimal. Hal ini ditunjukkan oleh tindakan guru pada saat mengajar. Guru hanya
menggunakan buku pegangan yang ada dan hanya mengandalkan metode ceramah, tanpa
menggunakan media yang sesuai dengan materi. Akibatnya keaktifan, partisipasi,
dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Keaktifan dan hasil belajar siswa yang
rendah, khususnya pada mata pelajaran IPS merupakan permasalahan yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran. Permasalahan dalam kegaiatan pembelajaran dapat
ditinjau dari beberapa aspek. Ditinjau dari aspek siswa, yang mempengaruhi
hasil belajar muncul dari faktor internal dan eksternal.
Tujuan penelitian ini adalah: 1)
untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar setelah penerapan metode diskusi,
dan penggunaan media yang tepat dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 2)
untuk mengetahui peningkatan hasil belajar setelah penerapan metode diskusi,
dan penggunaan media yang tepat dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Metode penelitian yang digunakan
adalah PTK. Subyek
dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SD yang berjumlah 35 orang. Obyek dalam penelitian tindakan
kelas ini adalah: a) keaktifan belajar siswa, dan b) hasil belajar
siswa, dan c) respon siswa terhadap proses pembelajaran IPS dengan penerapan
metode diskusi.
Penilaian
terhadap Proposal PTK
Proposal PTK yang disajikan sudah
baik, memenuhi komponen proposal PTK yakni pendahuluan, kajian teori dan metode
penelitian.
Perbaikan/Kritisi
Tempat penelitian tidak disajikan secara
spesifik, jadwal penelitian tidak ditampilkan secara kronologis.
KAJIAN
LAPORAN PTK
Sumber: eprints.uny.ac.id/13754/1/FEBI%20K%20PUTRI_09108244101.pdf
Judul
Laporan PTK :
Meningkatkan Prestasi
Belajar Matematika Materi Pecahan melalui Pendidikan Matematika Realistik Pada
Siswa Kelas IV SD Negeri Pucungrejo 2 Kecamatan Muntilan, Magelang
Isi Laporan PTK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi
belajar Matematika materi pecahan melalui pendidikan Matematika realistik pada
kelas IV SD Negeri Pucungrejo 2 Muntilan, Magelang. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif
dengan guru kelas.
Desain penelitian ini menggunakan modifikasi model
Kemmis & McTaggart dalam 2 siklus yang terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas IV Sekolah
Dasar Negeri Pucungrejo 2 Muntilan, Magelang dengan jumlah 37 siswa. Objek
penelitian adalah prestasi belajar matematika materi pecahan. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data penelitian dianalisis
dengan teknik deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes dan lembar
pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
Pendidikan Matematika Realistik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas
IV SD N Pucungrejo 2 terhadap materi pecahan. Hal itu ditunjukkan oleh
peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Keuntasan Minimal (KKM) dan
peningkatan nilai rata-rata tes. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pretest
sebesar 13,51%, akhir siklus I sebesar 59,45%, dan akhir siklus II semua siswa
(100%) mencapai KKM, sedangkan nilai rata-rata tes sebelum tindakan adalah
36,86, akhir siklus I 66,67, dan akhir siklus II 72,97.
Demikian juga dengan proses pembelajaran juga
mengalami peningkatan, hal itu terlihat pada peningkatan aktifitas siswa. Pada
siklus I, siswa yang tergolong kategori sangat baik, baik dan cukup sejumlah 26
siswa atau 70.26 %, sedangkan siswa yang tergolong kategori kurang sejumlah 11
siswa atau 29.74%. Pada siklus II aktivitas siswa meningkat secara signifikan,
siswa yang tergolong kategori sangat baik dan baik sejumlah 37 siswa atau 100%.
Penilaian
terhadap Laporan PTK
Laporan PTK yang disajikan sudah
lengkap sesuai dengan sistematika laporan PTK. Lembar pengamatan, instrumen tes
pada setiap siklus dan hasilnya serta dokumentasi kegiatannya dilampirkan
secara lengkap dan detail.
Perbaikan/Kritisi
Pada penulisan judul, variabel
“prestasi belajar” masih bersifat general, meskipun dirangkai dengan kata
“materi pecahan”. Akan lebih spesifik jika variabel yang dituliskan adalah
“Hasil Belajar Matematika materi Pecahan”.
Beberapa penulisan yang seharusnya
kapital ditulis huruf kecil. Misalnya:
1) SD negeri Pucungrejo 2,
seharusnya SD Negeri Pucungrejo 2
2) matematika, seharusnya
Matematika.
No comments:
Post a Comment