Wednesday, November 23, 2016

LK 3 KKJ Kelas Atas Guru Pembelajar



Tagihan 3 Mengkaji Proposal dan Laporan PTK (LK-3)
Sebelum mengerjakan Tagihan 3 ini, pastikan Saudara telah melakukan semua dalam sesi 3
Sebagai bahan penilaian diri pada Sesi  3 ini,  kerjakan dan kirimkan (submit) tugas berikut melalui tautan (link) yang disediakan di sistem (di ePortofolio ini).
1. Cari sebuah proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
      misal dengan mencari menggunakan Google.
  • Catat tautan (link) sumbernya.
  • Lakukan kajian terhadap proposal PTK tersebut.
  • Bagaimana menurut pendapat Saudara tentang proposal tersebut.
  • Adakah hal-hal yang perlu dikritisi dan perlu diperbaiki pada proposal tersebut.
  • Buat laporan kajian proposal PTK tersebut dalam bentuk file MS Word (.doc/.docx) ke sistem (ePortofolio ini).
  • Sertakan juga tautan (link) dari sumber proposal PTK yang dikaji tersebut.
2. Cari sebuah laporan Penelitian Tinndakan Kelas (PTK),
      misal dengan mencari menggunakan Google.
  • Catat tautan (link) sumbernya.
  • Lakukan kajian terhadap laporan PTK tersebut.
  • Bagaimana menurut pendapat Saudara tentang laporan tersebut.
  • Adakah hal-hal yang perlu dikritisi dan perlu diperbaiki pada laporan tersebut.
  • Buat laporan kajian proposal PTK tersebut dalam bentuk file MS Word (.doc/.docx) ke sistem (ePortofolio ini).
  • Sertakan juga tautan (link) dari sumber proposal PTK yang dikaji tersebut
  • Saudara dipersilakan untuk mengunggah Tagihan 4 (LK-4) ini


 Jawaban LK


LAPORAN KAJIAN PROPOSAL PTK


Judul Proposal PTK :
Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Pada Siswa SD Kelas V

Isi Proposal
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan metode diskusi dan penggunaan media belum tampak diterapkan secara optimal. Hal ini ditunjukkan oleh tindakan guru pada saat mengajar. Guru hanya menggunakan buku pegangan yang ada dan hanya mengandalkan metode ceramah, tanpa menggunakan media yang sesuai dengan materi. Akibatnya keaktifan, partisipasi, dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Keaktifan dan hasil belajar siswa yang rendah, khususnya pada mata pelajaran IPS merupakan permasalahan yang muncul dalam kegiatan pembelajaran. Permasalahan dalam kegaiatan pembelajaran dapat ditinjau dari beberapa aspek. Ditinjau dari aspek siswa, yang mempengaruhi hasil belajar muncul dari faktor internal dan eksternal.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar setelah penerapan metode diskusi, dan penggunaan media yang tepat dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar setelah penerapan metode diskusi, dan penggunaan media yang tepat dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Metode penelitian yang digunakan adalah PTK. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SD yang berjumlah 35 orang. Obyek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah: a)  keaktifan belajar siswa, dan b)  hasil belajar siswa, dan c) respon siswa terhadap proses pembelajaran IPS dengan penerapan metode diskusi.



Penilaian terhadap Proposal PTK
Proposal PTK yang disajikan sudah baik, memenuhi komponen proposal PTK yakni pendahuluan, kajian teori dan metode penelitian.

Perbaikan/Kritisi
Tempat penelitian tidak disajikan secara spesifik, jadwal penelitian tidak ditampilkan secara kronologis.


KAJIAN LAPORAN PTK

Sumber: eprints.uny.ac.id/13754/1/FEBI%20K%20PUTRI_09108244101.pdf

Judul Laporan PTK :
Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Pecahan melalui Pendidikan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pucungrejo 2 Kecamatan Muntilan, Magelang

Isi Laporan PTK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika materi pecahan melalui pendidikan Matematika realistik pada kelas IV SD Negeri Pucungrejo 2 Muntilan, Magelang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas.
Desain penelitian ini menggunakan modifikasi model Kemmis & McTaggart dalam 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pucungrejo 2 Muntilan, Magelang dengan jumlah 37 siswa. Objek penelitian adalah prestasi belajar matematika materi pecahan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes dan lembar pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pendidikan Matematika Realistik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD N Pucungrejo 2 terhadap materi pecahan. Hal itu ditunjukkan oleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Keuntasan Minimal (KKM) dan peningkatan nilai rata-rata tes. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pretest sebesar 13,51%, akhir siklus I sebesar 59,45%, dan akhir siklus II semua siswa (100%) mencapai KKM, sedangkan nilai rata-rata tes sebelum tindakan adalah 36,86, akhir siklus I 66,67, dan akhir siklus II 72,97.
Demikian juga dengan proses pembelajaran juga mengalami peningkatan, hal itu terlihat pada peningkatan aktifitas siswa. Pada siklus I, siswa yang tergolong kategori sangat baik, baik dan cukup sejumlah 26 siswa atau 70.26 %, sedangkan siswa yang tergolong kategori kurang sejumlah 11 siswa atau 29.74%. Pada siklus II aktivitas siswa meningkat secara signifikan, siswa yang tergolong kategori sangat baik dan baik sejumlah 37 siswa atau 100%.

Penilaian terhadap Laporan PTK
Laporan PTK yang disajikan sudah lengkap sesuai dengan sistematika laporan PTK. Lembar pengamatan, instrumen tes pada setiap siklus dan hasilnya serta dokumentasi kegiatannya dilampirkan secara lengkap dan detail.

Perbaikan/Kritisi
Pada penulisan judul, variabel “prestasi belajar” masih bersifat general, meskipun dirangkai dengan kata “materi pecahan”. Akan lebih spesifik jika variabel yang dituliskan adalah “Hasil Belajar Matematika materi Pecahan”.
Beberapa penulisan yang seharusnya kapital ditulis huruf kecil. Misalnya:
1) SD negeri Pucungrejo 2, seharusnya SD Negeri Pucungrejo 2
2) matematika, seharusnya Matematika.


No comments:

Post a Comment

 

www.guraru.org

Guru Berbagi

Blogroll

Usep Saefuddin

Email :Saefuddin.usep1708@gmail.com