LK 2. Refleksi dan Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan
Nama Peserta :
Usep Saefuddin
Instansi :
SDN Jayamulya III
1. Refleksi pembelajaran Saya yang berfokus pada hasil belajar siswa!
(Boleh ranah sikap, pengetahuan, atau keterampilan).
Berdasarkan
hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA tentang perubahan wujud
benda di Kelas IV SDN Jayamulya III menunjukan hasil yang rendah. Dari
data hasil ulangan harian mata pelajaran IPA
tanggal 9 November 2016, 60 % peserta didik belum mencapai KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimal) yang telah ditentukan yakni 65. Keadaan
ini dipengaruhi oleh: a) guru kurang berinovasi untuk memilih pendekatan dan
metode pembelajaran yang variatif serta menggunakan sumber belajar nyata dalam
membantu peserta didik mengkonstruksi konsep IPA, b) guru kurang memperhatikan
pengalaman belajar (konsep awal) peserta didik dalam pembelajaran IPA, dan guru
tidak berupaya mengaitkan antara pengetahuan awal peserta didik dengan
pengalaman baru yang sedang dipelajari, c) pembelajaran IPA hanya menekankan
pada transfer pengetahuan sehingga peserta didik kurang berminat untuk belajar
IPA.
2. Satu temuan paling menarik yang
Saya peroleh dari refleksi tersebut yang perlu dan penting dikomunikasikan
ke orang lain melalui forum ilmiah tertentu.
Hasil
belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA tentang perubahan wujud benda di
kelas IV SDN Jayamulya III dapat ditingkatkan melalui penggunaan metode
eksperimen.
3. Masalah tersebut Saya anggap menarik dan perlu dikomunikasikan ke
orang lain, karena:
Masalah
tersebut berkaitan langsung dengan tugas pokok pendidik dalam Proses Belajar
Mengajar (PBM) yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata
pelajaran IPA tentang perubahan wujud benda di Kelas IV SDN Jayamulya III.
4. Untuk mendukung Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)masalah
tersebut dapat dikomunikasikan dalam bentuk:
No comments:
Post a Comment