Wednesday, November 23, 2016

LK 2 KKJ Kelas Atas Guru Pembelajar



LK 2. Refleksi dan Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan

Nama Peserta : Usep Saefuddin
Instansi            : SDN Jayamulya III

1.       Refleksi pembelajaran Saya yang berfokus pada hasil belajar siswa! (Boleh ranah sikap, pengetahuan, atau keterampilan).
Berdasarkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA tentang perubahan wujud benda di Kelas IV SDN Jayamulya III menunjukan hasil yang rendah. Dari data  hasil ulangan harian mata pelajaran IPA tanggal 9 November 2016, 60 % peserta didik belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditentukan yakni 65. Keadaan ini dipengaruhi oleh: a) guru kurang berinovasi untuk memilih pendekatan dan metode pembelajaran yang variatif serta menggunakan sumber belajar nyata dalam membantu peserta didik mengkonstruksi konsep IPA, b) guru kurang memperhatikan pengalaman belajar (konsep awal) peserta didik dalam pembelajaran IPA, dan guru tidak berupaya mengaitkan antara pengetahuan awal peserta didik dengan pengalaman baru yang sedang dipelajari, c) pembelajaran IPA hanya menekankan pada transfer pengetahuan sehingga peserta didik kurang berminat untuk belajar IPA.
2.       Satu temuan paling menarik  yang Saya peroleh dari refleksi tersebut yang perlu dan penting dikomunikasikan ke orang lain melalui forum ilmiah tertentu.
Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA tentang perubahan wujud benda di kelas IV SDN Jayamulya III dapat ditingkatkan melalui penggunaan metode eksperimen.
3.       Masalah tersebut Saya anggap menarik dan perlu dikomunikasikan ke orang lain, karena:
Masalah tersebut berkaitan langsung dengan tugas pokok pendidik dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPA tentang perubahan wujud benda di Kelas IV SDN Jayamulya III.

4.       Untuk mendukung Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)masalah tersebut dapat dikomunikasikan dalam bentuk:
Publikasi ilmiah berupa laporan penelitian tindakan kelas (PTK)



No comments:

Post a Comment

 

www.guraru.org

Guru Berbagi

Blogroll

Usep Saefuddin

Email :Saefuddin.usep1708@gmail.com