1. Berikut merupakan teknik refleksi pembelajaran,
kecuali….
A. melalui video pembelajaran
B. melalui catatan harian
C. melalui lisan
D. melalui
rencana pelaksanaan pembelajaran
2. Pengembangan Keprofesian
berkelanjutan (PKB) guru adalah … .
A. Bentuk
pembelajaran berkelanjutan bagi guru agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya
secara profesional
B. Kegiatan pengembangan diri guru
untuk meningkatkan profesionalismenya
C. Proses penyadaran bagi guru untuk
meningkatkn kinerjanya
D. Perbaikan kualitas pembelajaran
oleh guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswanya
3. Untuk mendukung pengembangan
keprifesian berkelanjutan dirinya, guru dapat memanfaatkan proses dan hasil refleksi pembelajaran
untuk mendukung hal-hal berikut, kecuali….
A. karya inovatif
B. publikasi Ilmiah
C. kualitas
pembelajaran
D. pengembangan diri
4. Berikut ini termasuk dalam bagian
utama suatu makalah, kecuali ….
A. atar belakang masalah atau rasional
penulisan,
B. perumusan masalah dan tujuan
penulisan
C. uraian lengkap tentang masalah yang
dibahas
D. daftar
pustaka
5. Kegiatan pengembangan keprofesian
guru harus "APIK' yang merupakan akronim dari
A. Asli,
Perlu, Ilmiah, Konsisten
B. Asli, Penting, Ilmiah, Kompeten
C. Andil, Perlu, Intensif, Konsisten
D. Asli, Proporsional, Ilmiah,
Konsisten
6. Berikut ini termasuk Karya Inovatif
untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan, kecuali:
A. Membuat alat peraga
B. Membuat
silabus dan RPP dengan metode bervariasi
C. Membuat multimedia interaktif
D. Menciptakan teknologi tepat guna
7. Sebuah makalah diakui sebagai KTI
bila dipresentasikan pada salah satu pertemuan berikut, yaitu:
A. Bedah Buku
B. Lokakarya
C. Rapat MGMP
D. Forum Diskusi
8. Salah satu rujukan pelaksanaan
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan guru adalah:
A. Permenneg Pan dan RB No. 16 Tahun
2007
B. Permenneg
Pan dan RB No. 16 Tahun 2009
C. Permendiknas N0. 16 Tahun 2007
D. Permendiknas N0. 16 Tahun 2009
9. Berikut ini yang bukan termasuk
kegiatan pengembangan diri adalah:
A. Mengikuti diklat fungsional guru.
B. Menjadi peserta dalam lokakarya
atau seminar di bidang pendidikan.
C. Menjadi pembahas atau pemrasaran
dalam kegiatan bedah buku pelajaran.
D. Menjadi
observer dalam kegiatan penelitian tindakan kelas yang dilakukan orang lain
10. Yang dimaksud pengembangan diri
dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan guru adalah:
A. Upaya
meningkatkan profesionalisme diri
B. Untuk meningkatkan kinerja mengajar
C. Upaya meningkatkan kualifikasi
akademik
D. Untuk memfasilitasi pertemuan
kolektif KKG
11. Berikut merupakan Forum ilmiah
sebagai wahana mengkomunikasikan hasil refleksi pembelajaran,
kecuali … .
A. Seminar
B. Rapat guru
C. Lokakarya
D. Konferensi
12. Berikut ini merupakan salah satu
ciri laporan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang tidak
memenuhi kriteria Asli, kecuali … .
A. adanya kesamaan isi, data dan hal
lain yang sangat mencolok dengan laporan orang lain
B. terdapat petunjuk adanya lokasi dan
subyek yang tidak konsisten,
C. terdapat berbagai data yang tidak
konsisten
D. tidak
langsung berhubungan dengan tanggung jawab profesinya
13. Laporan kegiatan pengembangan
keprofesian berkelanjutan yang tidak ilmiah antara lain ditandai dengan adanya,
kecuali … .
A. kebenaran yang tidak terdukung oleh
kebenaran teori
B. atar belakang masalah tidak jelas
sehingga tidak dapat menunjukkan pentingnya hal yang dibahas
C. masalah
yang dikaji terlalu luas
D. ketidakbenaran fakta dan
analisisnya
14. Di bawah ini merupakan hal yang
membedakan antara simposium dan lokakarya … .
A. Lokakarya
menghasilkan produk, sedangkan simposium tidak
B. Simposium menghasilkan produk,
sedangkan lokakarya tidak
C. Keduanya sama-sama menghasilkan
produk, tetapi produk lokakarya harus bersifat inovatif
D. Keduanya sama-sama menghasilkan
produk, tetapi produk simposium harus terkait profesinya
15. Laporan pengembangan keprofesian
berkelanjutan harus memenuhi syarat PERLU, ditandai dengan … .
A. berhubungan
langsung dengan permasalahan pengembangan profesi guru yang bersangkutan
B. dukungan fakta-fakta empirik yang
akurat
C. keterkaitan antara fakta dan teori
yang mendukung
D. urgensi hasil pengembangan terhadap
tuntutan perkembangan jaman
No comments:
Post a Comment