1. PTK adalah penelitian tindakan ...
A. yang dilakukan oleh guru ditujukan
untuk meningkatkan situasi pembelajaran
B. yang dilakukan untuk memperolah
gambaran nyata pembelajaran yang dilaksanakan
C. yang dilakukan untuk memperolah
gambaran nyata pembelajaran yang dilaksanakan
D. yang dilakukan secara kolaboratif
oleh partisipan untuk memperbaiki pemahaman dari pelaksanaan pekerjaannya
sendiri
2. Tujuan PTK adalah ...
A. mengetahui efektivitas suatu metode
pembelajaran
B. melakukan perbaikan proses
pembelajaran di kelas
C. mendiagnosis kesulitan belajar
siswa
D. mendiskripsikan upaya memperbaiki
proses belajar mengajar
3. Berikut ini yang bukan merupakan
karakteristik PTK adalah ...
A. bersifat situasional
B. dilaksanaan untuk digeneralisasikan
C. dirancang untuk mengatasi masalah
nyata di kelas
D. dilakukan dengan pengendalian
variabel penelitian secara alamiah
4. Berikut ini yang paling cocok
sebagai judul penelitian tindakan kelas adalah ...
A. Diagnosis kesulitan belajar siswa
di kelas VI SD Ennanta
B. Efektifitas pemanfaaan Alat Peraga
dalam pembelajaran di kelas III SD Ennanta
C. Studi tentang penerapan
pembelajaran berbasis masalah (PBL) dalam pembelajaran di kelas V SD Ennanta
D. Upaya meningkatkan minat dan
motivasi belajar siswa kelas IV SD Ennanta melalui pemanfaatan TIK dalam
pembelajaran
5. Yang dimaksudkan dengan tindakan
dalam PTK adalah ...
A. perlakuan baru dalam pembelajaran
yang diterapkan pada penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
B. pelaksanaan pembelajaran sesuai
dengan rencana yang telah tertuang dalam proposal PTK
C. perencanaan, pelaksanaan
pembelajaran, pengamatan, dan refleksi selama penelitian
D. perencanaan, pelaksanaan
pembelajaran, pengamatan, dan refleksi selama penelitian
6. Kriteria dalam menentukan masalah
seperti dibawah ini, kecuali ...
A. masalahnya harus penting bagi orang
yang mengajukan masalah dan sekaligus signifikan.
B. masalah yang diajukan hendaknya
dalam jangkauan penanganan
C. pernyataan harus mengungkapkan
beberapa dimensi fundamental
D. pernyataan harus mengungkapkan
beberapa tori yang akan digunakan
7. Berikut adalah bagian yang harus
ada dalam latar belakang suatu proposal PTK, kecuali ...
A. dukungan hasil-hasil penelitian
terdahulu
B. uraian fokus penelitian (masalah
riil yang terjadi di kelas)
C. faktor-faktor (perilaku yang
tampak) dari pengamatan guru yang mendukung permasalahan
D. uraian tindakan yang dipilih untuk
upaya perbaikan dan alasan yang mendasari pemilihan tindakan
8. Berikut adalah muatan yang
seharusnya ada pada bagian pembahasan laporan PTK, kecuali ...
A. Pendahuluan
B. kajian pustaka
C. metode penelitian
D. pembahasan
9. Berikut komponen pada bagian
pendahuluan proposal PTK, kecuali ...
A. latar belakang, rumusan masalah,
dan tujuan penelitian
B. rumusan masalah, tujuan penelitian,
dan manfaat penelitian
C. identifikasi masalah, tujuan
penelitian, dan manfaat penelitian
D. rumusan masalah, tujuan penelitian,
dan kajian pustaka
10.
Komponen
pada metode penelitian adalah ...
A. jenis penelitian, setting
penelitian, dan desain penelitian
B. manfaat penelitian, jenis
penelitian, dan setting penelitian
C. instrumen penelitian, teknik
pengumpulan data, dan identifikasi masalah
D. teknik analisis data, jadwal
pelaksanaan penelitian, dan pembahasan
11.Bagian yang berisi tentang
pertanyaan yang akan dicari jawabannya melalui tindakan penelitian adalah ...
A. tujuan penelitian
B. rumusan masalah
C. identifikasi masalah
D. latar belakang
12.
Bagian
yang berisi tentang standing position atau pendapat pribadi peneliti setelah
mempelajari sekian banyak buku teori/kajian pustaka dan hasil penelitian orang
lain adalah ...
A. kajian pustaka
B. hipotesis tindakan
C. kerangka pikir
D. kajian teori
13.
Instrumen
penelitian yang kurang tepat untuk mengukur pengetahuan/keterampilan adalah ...
A. tes berbentuk pilihan ganda
B. tes berbentuk uraian/essay
C. tes berbentuk uraian/essay
D. unjuk kerja
14.
Urutan
langkah-langkah PTK yang benar adalah ...
A. perencanaan (planning), tindakan
(acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting)
B. tindakan (acting), pengamatan
(observing), refleksi (reflecting), dan perencanaan (planning)
C. pengamatan (observing), dan
refleksi (reflecting), perencanaan (planning), dan tindakan (acting)
D. refleksi (reflecting), perencanaan
(planning), tindakan (acting), dan pengamatan (observing)
TERIMA KASIH PAK GURU, POSTINGAN INI CUKUP MEMBANTU
ReplyDelete