Apa pengertian metode kerja kelompok?
Metode
kerja kelompok yaitu metode mengajar dengan mengkondisikan peserta didik dalam
suatu group atau kelompok sebagai satu kesatuan dan diberikan tugas untuk
dibahas dalam kelompok tersebut.
Bagaimana pendapat para ahli tentang metode kerja
kelompok?
Moedjiono
mengungkapkan bahwa metode kerja kelompok adalah format belajar mengajar yang
menitikberatkan kepada interaksi antara anggota yang lain dalam suatu kelompok
guna menyelesaikan tugas-tugas belajar secara bersama-sama.
Apa tujuan penggunaan metode kerja kelompok?
1. Memupuk
kemauan dan kemampuan kerjasama di antara para peserta didik
2.
Meningkatkan keterlibatan sosio emosional dan intelektual para peserta didik
dalam proses belajar mengajar yang diselenggarakan
3.
Meningkatkan perhatian terhadap proses dan hasil belajar secara berimbang
Mengapa harus menggunakan metode kerja kelompok?
1. Membuat
peserta didik dapat bekerja sama dengan temannya dalam satu kesatuan tugas
2.
Mengembangkan kekuatan untuk mencari dan menemukan bahan-bahan untuk
melaksanakan tugas tersebut
3.
Membuat peserta didik aktif
Gambar 1
Metode Kerja Kelompok dalam Proses
Belajar Mengajar
Sumber: Penulis
Apa tuntutan untuk guru dalam menggunakan metode kerja
kelompok ini?
Guru
dituntut untuk mampu menyediakan bahan-bahan pelajaran yang secara manipulatif
mampu mengaktifkan peserta didik untuk bekerjasama dan berkolaborasi dalam
kelompok.
Apa dasar pengelompokkan peserta didik dalam suatu
kelompok?
1. Fasilitas
yang tersedia
2.
Perbedaan individual dalam minat belajar dan kemampuan belajar
3. Jenis
pekerjaan yang diberikan
4.
Wilayah tempat tinggal peserta didik
5. Jenis
kelamin
6.
Memperbesar partisipasi peserta didik dalam kelompok
7.
Berdasarkan pada lotre atau random
Mengapa dalam pengelompokkan peserta didik harus
heterogen, baik dari segi jenis kelamin maupun kemampuan belajar?
Agar
terjadi dinamika kegiatan belajar yang lebih baik dalam kelompok, bersikap adil
dengan mengurangi kesan berat sebelah serta menghindari adanya kelompok yang
sangat dominan dan sangat lemah.
Jelaskan keunggulan menggunakan metode kerja kelompok?
1. Membuat
peserta didik aktif mencari bahan untuk menyelesaikan tugasnya
2.
Menggalang kerjasama dan kekompakan dalam kelompok
3.
Mengembangkan kepemimpinan peserta didik dan pengajaran keterampilan berdiskusi
dan proses kelompok
Jelaskan pula keterbatasan dalam menggunakan metode
kerja kelompok?
1. Kerja
kelompok hanya memberikan kesempatan kepada peserta didik yang aktif dan mampu
untuk berperan sedangkan peserta didik yang terbelakang tidak berbuat apa-apa
2.
Memerlukan fasilitas yang baragam, baik untuk fasilitas fisik dan ruangan
maupun sumber-sumber belajar yang harus disediakan.
Referensi:
Sumantri,
M dan Permana, J. (1999). Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.
No comments:
Post a Comment