Saturday, September 3, 2016

Tanya Jawab tentang Metode Kerja Kelompok



Apa pengertian metode kerja kelompok?
Metode kerja kelompok yaitu metode mengajar dengan mengkondisikan peserta didik dalam suatu group atau kelompok sebagai satu kesatuan dan diberikan tugas untuk dibahas dalam kelompok tersebut.
Bagaimana pendapat para ahli tentang metode kerja kelompok?
Moedjiono mengungkapkan bahwa metode kerja kelompok adalah format belajar mengajar yang menitikberatkan kepada interaksi antara anggota yang lain dalam suatu kelompok guna menyelesaikan tugas-tugas belajar secara bersama-sama.
Apa tujuan penggunaan metode kerja kelompok?
1. Memupuk kemauan dan kemampuan kerjasama di antara para peserta didik
2. Meningkatkan keterlibatan sosio emosional dan intelektual para peserta didik dalam proses belajar mengajar yang diselenggarakan
3. Meningkatkan perhatian terhadap proses dan hasil belajar secara berimbang
Mengapa harus menggunakan metode kerja kelompok?
1. Membuat peserta didik dapat bekerja sama dengan temannya dalam satu kesatuan tugas
2. Mengembangkan kekuatan untuk mencari dan menemukan bahan-bahan untuk melaksanakan tugas tersebut
3. Membuat peserta didik aktif
Gambar 1

Metode Kerja Kelompok dalam Proses Belajar Mengajar
Sumber: Penulis
Apa tuntutan untuk guru dalam menggunakan metode kerja kelompok ini?
Guru dituntut untuk mampu menyediakan bahan-bahan pelajaran yang secara manipulatif mampu mengaktifkan peserta didik untuk bekerjasama dan berkolaborasi dalam kelompok.
Apa dasar pengelompokkan peserta didik dalam suatu kelompok?
1. Fasilitas yang tersedia
2. Perbedaan individual dalam minat belajar dan kemampuan belajar
3. Jenis pekerjaan yang diberikan
4. Wilayah tempat tinggal peserta didik
5. Jenis kelamin
6. Memperbesar partisipasi peserta didik dalam kelompok
7. Berdasarkan pada lotre atau random
Mengapa dalam pengelompokkan peserta didik harus heterogen, baik dari segi jenis kelamin maupun kemampuan belajar?
Agar terjadi dinamika kegiatan belajar yang lebih baik dalam kelompok, bersikap adil dengan mengurangi kesan berat sebelah serta menghindari adanya kelompok yang sangat dominan dan sangat lemah.
Jelaskan keunggulan menggunakan metode kerja kelompok?
1. Membuat peserta didik aktif mencari bahan untuk menyelesaikan tugasnya
2. Menggalang kerjasama dan kekompakan dalam kelompok
3. Mengembangkan kepemimpinan peserta didik dan pengajaran keterampilan berdiskusi dan proses kelompok
Jelaskan pula keterbatasan dalam menggunakan metode kerja kelompok?
1. Kerja kelompok hanya memberikan kesempatan kepada peserta didik yang aktif dan mampu untuk berperan sedangkan peserta didik yang terbelakang tidak berbuat apa-apa
2. Memerlukan fasilitas yang baragam, baik untuk fasilitas fisik dan ruangan maupun sumber-sumber belajar yang harus disediakan.



Referensi:
Sumantri, M dan Permana, J. (1999). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.

No comments:

Post a Comment

 

www.guraru.org

Guru Berbagi

Blogroll

Usep Saefuddin

Email :Saefuddin.usep1708@gmail.com